Kamis, 29 Maret 2012

Menulis Bahan Ajar


 


Menulis Bahan Ajar


A. Standar Kompetensi
Berbicara: Mengungkapkan secara lisan informasi dari hasil membaca.


B. Kompetensi Dasar
Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan yang tepat.


C. Indikator:
1.      Menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai dengan situasi komunikasi secara tepat, menarik, dan kreatif.
2.      Memanfaatkan sinonim atau parafrasa untuk menghindari pengulangan mubazir kata yang sama dalam satu kalimat atau paragraf.
3.      Menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai dengan situasi komunikasi dalam hal ragam dan laras bahasa.
4.      Membedakan pemakaian kata bersinonim yang berbeda makna leksikal, kontekstual, situasional, makna struktural, dan metaforis.


D. Materi Pembelajaran
Contoh teks:

Mengurai Manfaat Hipnotic Parenting

Mendidik anak, gampang-gampang susah, jika terlalu lembut, tak hanya membuat menjadi manja, tapi juga menjadi pribadi lembek. Sebaliknya, mendidik mereka dengan keras, bisa membuat anak-anak bermental ”pemberontak”.

Inilah tantangan bagi para orang tua. Bagaimana seni dalam mendidik anak-anak agar jadi pribadi yang tak hanya membahagiakan kedua orang tuanya, namun juga menjadi manusia yang bermanfaat bagi Islam. Agama dan sekaligus kehormatan yang harus dijaga dan dibela.

Selain ilmu mendidik anak-anak yang dapat ditelaah di Al-Quran dan Hadis, ilmu modern turut serta menyumbang cara dan tekhnik dalam mendidik anak. Salah satunya adalah hipnoterapi. Cabang dari ilmu psikologi yang mengeksplorasi alam bawah sadar manusia.

Sekarang ini, hipnoterapi tak hanya diterapkan dalam sesi terapi bagi orang dewasa yang ”bermasalah”kondisi psikisnya, namun juga bermanfaat bagi anak-anak. Bahkan, popularitas hipnoterapi sebagai salah satu cara mendidik anak semakin meningkat. Para orang tua atau praktisi anak mulai banyak yang menggunakannya. Metode ini pun dikenal dengan nama hypnotic (Hipno) parenting.

Hipno parenting adalah ilmu dan seni mendidik anak dengan menggunkan prinsip-prinsip hipnotis. Melalui hipno parenting, sahabat bisa menjadi orang tua yang mampu ”mengendalikan” perilaku anak-anak dengan bijaksana. Inti dari hipno parenting adalah mempelajari cara berfikir anak-anak, serta mengajarkan cara menanamkan sugesti kepada anak-anak untuk kebaikan mereka sendiri. Hipnosis langsung memasuki pikiran bawah sadar anak-anak. Sehingga, program-program negatif yang tertanam di fikiran bawah sadar mereka bisa dilepaskan dan proram-program kesuksesan bisa mulai ditanamkan sejak dini.

Permasalahan yang jamak ditemui pada anak-anak seperti bagaimana meningkatkan prestasi sekolah, konsentrasi dalam belajar, dapat diatasi. Bahkan, setelah menjalani sesi-sesi hipnoterapi secara rutin, kesehatan fisik anak-anak pun dapat dioptimalkan.

Berikut ini beberapa manfaat dari hipno parenting. Jika tertarik mencobanya, pastikan sudah paham secara lengkap bagaimana ilmu ini bekerja.
1.      Meningkatkan rasa percaya diri pada anak
2.      Meningkatkan performa pendidikan anak sekolah.
3.      Melepaskan depresi anak-anak
4.      Melepaskan gelisah, ketakutan, dan phobia anak.
5.      Weight loss
6.      Berhenti merokok pada anak-anak
7.      Mengurangi rasa sakit atau stress pada penderita penyakit tertentu.


E. Metode Pembelajaran
1.      Penugasan
2.      Tanya jawab


F. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1.      Motivasi : mengkondisikan kelas.
2.      Apersepsi : Guru mengaitkan materi yang akan dibahas dengan materi sebelumnya.
Kegiatan Inti
1.      Eksplorasi
Guru mengajukan beberapa pertanyaan mengenai contoh ungkapan, contoh ragam bahasa, dan contoh sinonim.
2.      Elaborasi
Guru menyempurnakan jawaban siswa disertai penjelasan tambahan mengenai ungkapan, ragam, dan laras bahasa yang sering digunakan.
3.      Konfirmasi
Siswa mencari ungkapan yang terdapat dalam teks tersebut, mendata pokok-pokok yang terdapat pada isi teks tersebut, mengenali ragam dan laras bahasa yang digunakan, mencari dan menemukan sinonim yang berbeda makna leksikal dari teks tersebut, mencari dan menemukan sinonim yang berbeda makna struktural dari teks tersebut.
Penutup
1.      Siswa diminta  menjelaskan perbedaan sinonim yang berbeda makna struktural dan makna leksikal dari teks.
2.      Siswa mendata contoh ungkapan yang terdapat dalam teks.
3.      Siswa dan Guru menyimpulkan materi yang telah dipelajari.

G. Bahan Ajar
1.      Pustaka rujukan: Panduan Kreatif Bahasa Indonesia untuk SMK kelas X karya Erien Komaruddin.
2.      Majalah Swadaya.


H. Penilaian

No
Indikator
Soal
Jawaban
Skor
1.
Membaca sebuah teks, kemudian mencari ungkapan yang terdapat dalam teks tersebut.
1. Bacalah sebuah karya sastra,  kemudian cari ungkapan yang terdapat dalam teks tersebut!
Jawaban disesuaikan dengan hasil pekerjaan siswa.
50
2.
Membahas ragam dan laras bahasa yang digunakan dalam teks tersebut.
2. Sebutkan ragam dan laras bahasa yang digunakan dalam teks tersebut!
Jawaban disesuaikan dengan hasil pekerjaan siswa.
50








Tidak ada komentar:

Posting Komentar