Menulis Bahan Ajar
A. Standar Kompetensi
Berbicara: Mengungkapkan secara lisan
informasi dari hasil membaca.
B. Kompetensi Dasar
Memilih kata, bentuk kata, dan ungkapan
yang tepat.
C. Indikator:
1. Menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai
dengan situasi komunikasi secara tepat, menarik, dan kreatif.
2. Memanfaatkan sinonim atau parafrasa untuk
menghindari pengulangan mubazir kata yang sama dalam satu kalimat atau
paragraf.
3. Menggunakan kata dan ungkapan yang sesuai
dengan situasi komunikasi dalam hal ragam dan laras bahasa.
4. Membedakan pemakaian kata bersinonim yang
berbeda makna leksikal, kontekstual, situasional, makna struktural, dan
metaforis.
D. Materi Pembelajaran
Contoh teks:
Mengurai Manfaat
Hipnotic Parenting
Mendidik anak, gampang-gampang susah, jika
terlalu lembut, tak hanya membuat menjadi manja, tapi juga menjadi pribadi
lembek. Sebaliknya, mendidik mereka dengan keras, bisa membuat anak-anak
bermental ”pemberontak”.
Inilah tantangan bagi para orang tua.
Bagaimana seni dalam mendidik anak-anak agar jadi pribadi yang tak hanya
membahagiakan kedua orang tuanya, namun juga menjadi manusia yang bermanfaat
bagi Islam. Agama dan sekaligus kehormatan yang harus dijaga dan dibela.
Selain ilmu mendidik anak-anak yang dapat
ditelaah di Al-Quran dan Hadis, ilmu modern turut serta menyumbang cara dan
tekhnik dalam mendidik anak. Salah satunya adalah hipnoterapi. Cabang dari ilmu
psikologi yang mengeksplorasi alam bawah sadar manusia.
Sekarang ini, hipnoterapi tak hanya
diterapkan dalam sesi terapi bagi orang dewasa yang ”bermasalah”kondisi
psikisnya, namun juga bermanfaat bagi anak-anak. Bahkan, popularitas
hipnoterapi sebagai salah satu cara mendidik anak semakin meningkat. Para orang
tua atau praktisi anak mulai banyak yang menggunakannya. Metode ini pun dikenal
dengan nama hypnotic (Hipno) parenting.
Hipno parenting adalah ilmu dan seni
mendidik anak dengan menggunkan prinsip-prinsip hipnotis. Melalui hipno
parenting, sahabat bisa menjadi orang tua yang mampu ”mengendalikan” perilaku
anak-anak dengan bijaksana. Inti dari hipno parenting adalah mempelajari cara
berfikir anak-anak, serta mengajarkan cara menanamkan sugesti kepada anak-anak
untuk kebaikan mereka sendiri. Hipnosis langsung memasuki pikiran bawah sadar
anak-anak. Sehingga, program-program negatif yang tertanam di fikiran bawah
sadar mereka bisa dilepaskan dan proram-program kesuksesan bisa mulai
ditanamkan sejak dini.
Permasalahan yang jamak ditemui pada
anak-anak seperti bagaimana meningkatkan prestasi sekolah, konsentrasi dalam
belajar, dapat diatasi. Bahkan, setelah menjalani sesi-sesi hipnoterapi secara
rutin, kesehatan fisik anak-anak pun dapat dioptimalkan.
Berikut ini beberapa manfaat dari hipno
parenting. Jika tertarik mencobanya, pastikan sudah paham secara lengkap
bagaimana ilmu ini bekerja.
1. Meningkatkan rasa percaya diri pada anak
2. Meningkatkan performa pendidikan anak
sekolah.
3. Melepaskan depresi anak-anak
4. Melepaskan gelisah, ketakutan, dan phobia
anak.
5. Weight loss
6. Berhenti merokok pada anak-anak
7. Mengurangi rasa sakit atau stress pada
penderita penyakit tertentu.
E. Metode Pembelajaran
1. Penugasan
2. Tanya jawab
F. Kegiatan Pembelajaran
Pendahuluan
1. Motivasi : mengkondisikan kelas.
2. Apersepsi : Guru mengaitkan materi yang
akan dibahas dengan materi sebelumnya.
Kegiatan Inti
1. Eksplorasi
Guru
mengajukan beberapa pertanyaan mengenai contoh ungkapan, contoh ragam bahasa,
dan contoh sinonim.
2. Elaborasi
Guru
menyempurnakan jawaban siswa disertai penjelasan tambahan mengenai ungkapan,
ragam, dan laras bahasa yang sering digunakan.
3. Konfirmasi
Siswa
mencari ungkapan yang terdapat dalam teks tersebut, mendata pokok-pokok yang
terdapat pada isi teks tersebut, mengenali ragam dan laras bahasa yang
digunakan, mencari dan menemukan sinonim yang berbeda makna leksikal dari teks
tersebut, mencari dan menemukan sinonim yang berbeda makna struktural dari teks
tersebut.
Penutup
1. Siswa diminta menjelaskan perbedaan sinonim yang berbeda
makna struktural dan makna leksikal dari teks.
2. Siswa mendata contoh ungkapan yang
terdapat dalam teks.
3. Siswa dan Guru menyimpulkan materi yang
telah dipelajari.
G. Bahan Ajar
1. Pustaka rujukan: Panduan Kreatif Bahasa
Indonesia untuk SMK kelas X karya Erien Komaruddin.
2. Majalah Swadaya.
H. Penilaian
No
|
Indikator
|
Soal
|
Jawaban
|
Skor
|
1.
|
Membaca sebuah teks, kemudian mencari
ungkapan yang terdapat dalam teks tersebut.
|
1. Bacalah sebuah karya sastra, kemudian cari ungkapan yang terdapat dalam teks
tersebut!
|
Jawaban disesuaikan dengan hasil
pekerjaan siswa.
|
50
|
2.
|
Membahas ragam dan laras bahasa yang
digunakan dalam teks tersebut.
|
2. Sebutkan ragam dan laras bahasa yang
digunakan dalam teks tersebut!
|
Jawaban disesuaikan dengan hasil
pekerjaan siswa.
|
50
|
|
|
|
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar